Assalamulaikum, selamat berziarah di Duniaku, Arsitekturku, Budayaku... tiada kata hanya untuk anda dalam karya dan tulisan yang bermakna. Mendukung semua usaha untuk memperbanyak kawan, rekan, apakah itu dalam bidang pendidikan ilmu, profesi, sosial, budaya dan siapapun dia. Menyediakan waktu untuk menulis, mencatat pengalaman, sebagai usaha melengkapi bahan dalam menjalani badai kehidupan. E-Mail. nashar_arsitektur@darulilmi.com BannerFans.com      BannerFans.com BannerFans.com BannerFans.com
Get your own Chat Box! Go Large!
Klik "Sign In" kalau mau join Chat Room Saya

BannerFans.com
Copy kode diatas untuk di pasang di Website atau di Weblog anda

Selasa, 01 September 2009

Membuat Maket Bangunan




Mungkin bagi anda membuat maket bangunan adalah sesuatu yang cukup sulit dilakukan bahkan sampai kebingungan mencari bahan-bahan yang digunakan terutama yang baru belajar entah tujuannya sebagai tugas sekolah/kuliah, baik ruang lingkup sebagai pelajar sekolah SMK/STM Bangunan, mahasiswa arsitektur, mahasiswa sipil bahkan orang masyarakat umun yang cuma sekedar iseng-iseng atau ada rencana membangun rumah. Sebenarnya teknis pembuatan maket bangunan itu tidaklah sulit dan bukanlah serumit yang kita bayangkan asalkan kita mau benar-benar belajar dan tidak segan untuk bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu baik itu guru atau dosen anda, kakak tingkat anda di sekolah dan di kampus, kawan-kawan anda, orang tua dan juga didukung dengan adanya referensi-referensi sebagai contoh acuan untuk memulainya.
Hal yang menjadi sangat penting jika maket itu tujuannya adalah sebagai tugas sekolah/kuliah (studio, tugas besar, tugas akhir dll.), lomba karya maket dan adapun orang yang meminta jasa dari anda untuk dibuatkan maket bangunan yang sifatnya komersial, semuanya sudah barang tentu erat kaitannya dengan masalah waktu karena merupakan suatu tuntutan atau kewajiban yang anda harus emban, sedikit banyak dari kegiatan itu akan membangun kepribadian anda yang senantiasa peduli akan waktu baik saat ini ataupun dimasa depan nantinya. Dan perlu diingat waktu itu adalah uang. Jadi, buatlah perencanaan/target kapan maket bangunan karya anda akan selesai agar mendapatkan hasil yang benar-benar baik tanpa ada kesan tergesa-gesa dan apa adanya.
Selanjutnya persiapkan bahan-bahan, peralatan dan segala sesuatu media pendukungnya. Untuk bahan-bahan yang digunakan sebenarnya tidak ada aturan mengikat karena kita dapat memanfaatkan apa saja tanpa harus jika anda membeli bahan-bahan banyak dan mahal, ternyata tidak semuanya terpakai. Anda harus mempertimbangkan anggaran dana yang dimiliki dengan pengeluaran semaksimal mungkin sebagai bagian dari rencana/target itu. Kalian dapat membelinya di toko-toko peralatan perlengkapan alat tulis seperti duplek (kertas tebal), kertas warna, gabus, kertas linen, cat minyak dll. Lebih banyak orang menggunakan bahan duplek (kertas tebal) sebagai bahan utama karena mudah dipotong dan dibentuk. Dipasaran duplek (kertas tebal) memiliki berbagai macam ketebalan dari 1mm hingga 5mm ukuran 120x120 m dan tentunnya harganya masih terjangkau. Jika mau menggunakan gabus, carilah dipasaran yang memiliki butirannya halus agar pada saat memotongnya tidak mengalami kesulitan. Gunakan cutter sebagai alat pemotong. Untuk alasnya dapat menggunakan triplek, duplek atau bahan lainnya sebagai tambahan pada penutup yaitu kertas linen hitam (kertas bertekstur).
Dalam membuat maket sendiri yang tidak kalah penting juga adalah skala. Skala merupakan pembanding antara objek asli dengan maket bangunan anda. Perhatikan tor kerja yang diberikan oleh pemberi tugas, gambar kerja anda demi kesesuaian skalatis dengan aslinya. Misalnya, jika ada dinding bangunan rumah berukuran dengan tinggi 3.5 meter ingin menggunakan skala 1:100 berarti di maket bangunan adalah 3.5 cm. Tentunya masalah skala ini sudah anda dapatkan ilmunya pada zaman SMP.
Selanjutnya maket bangunan sendiri ada dua sistem cara pembuatan yang dapat dilakukan yaitu full colours (berwarna) dan monocrome (hitam putih). Jika anda membuat maket bangunan full colours tentu objek visualisasinya lebih menarik, hampir mirip dengan aslinya dan berusaha menunjukkan elemen-elemen massa bentuk, material bangunan, detail ataupun penggunaan warna yang keseluruhan dipresentasikan secara arsitektural didukung dengan media penunjang seperti gambar kerja dan animasi digital/manual 2D sampai 3D.

Contoh Maket bangunan full colours (berwarna)

Jika anda malas atau dikarenakan masalah waktu yang tidak memungkinkan untuk membuat maket bangunan secara full colours, mungkin monochrome menjadi pilihan. Maket bangunan monochrome dalam presentasinya lebih menekankan kepada gubahan/massa bentuk tentunya didukung dengan media penunjang seperti gambar kerja dan animasi digital/manual 2D sampai 3D.



Contoh membuat maket monochrome (dominan satu warna)

Jadi, sebenarnya tidak ada masalah jika anda ingin menggunakan full colours atau monochrome, dua-duanya sama saja dan tergantung tujuan anda membuat maket bangunan itu sendiri. Kerapian, kesesuaian, skalatis, detail-detail, landscape (pohon, mobil, bangku taman dll.) dan informasi pendukung (legenda, keterangan nama ruang, dll.) merupakan penilaian teknis yang penting pada hasil karya maket anda karena maket adalah media presentasi objek 3 Dimensi secara nyata selain objek di 2 Dimensi. Sehingga karya maket anda memang layak diperlihatkan kepada orang dan membuat maket bangunan telah menjadi kegiatan asik dan menyenangkan.

Semoga dari uraian umum saya diatas dapat membantu anda. Selamat Mencoba!!! . Wassalam.






21 komentar:

saya malah paling seneng kalo buat maket, karena dituntut kreativitas kita

@Kharianto, terima kasih atas kunjungannya....

tolong ya ajarkan cara membuat maket bangunan, terutama bangunan sekolah!!!

@Nazar, ok, memangnya bangunan sekolah apa?

Sekolah kami, SMA N 2 Tanjungbalai.
Aku ingin menjadikan sekolah kami menjadi SSI (sekolah standard internasional) melalui maket itu, tolong y kak.

@Nazar, Owh memangnya dalam kendala teknis pembuatan maketnya dimana dik?
Kalau sudah ada gambar kerja bangunannya akan mudahlah mengerjakannya.
Insyaalah, tunggu Postingan berikutnya ya
kalau mahu kamu bisa mengirim permasalahan teknik tentang tata cara pembuatan maket di kontakku e-mail. nashar_arsitektur@darulilmi.com

atau akun Facebookku. Muhammad Husnun Nashar

bisa direkomendasikan toko online yang menjual bahan maket? terutama model-model misal tiang lampu, pohon dll?

mantap, mpat btkun tau kd cra bwat rumput, jendela (kaca ato ap) sama cat x yg bgus ap (mksd x mewarnai)? u ad tgas maket dari skolah dan u bwat x dri bhan karton jakarta.... mohon bntuannya mas...
urang bjm jw klo?

terima kasih... tulisan anda menambah wawasan kami

hai salam kenal:) maket nya bagus-bagus.

Okay... saya perlu mengambil saran anda... posting ini sudah lama, tapi masih banyak orang yang mencari.... artinya masih banyak orang yg butuh info tentang pembuatan maket... klo ada info lain tentang pembuatan maket, boleh di share lagi dong mas.... trims....

bagi teman teman yang memerlukan toko online yang jual bahan makaet/asesoris maket bisa menghubungi 085221972796

kak, kalau buat maket cafe itu alat dan bahan apa aja yang di perlukan ?????

thanks kak, dah mau berbagi pengalaman..

ijin bertanya kak,, kak kalo misalkan mw membuat maket bangunan sekolah gmn ya kak? trus bahan" yang di perlukan apa ajh? di tgu jawabannya secepatnya kak,, soalnya tgs miniatur nya sedikit lg harus kelar? bls k sini y kak 085769529881..

thanks, kak udah mau share ilmunya ^_^

cara membuat lampu jalanan untuk maket

gan buat atapnya bahannya dari apa???

JUAL BAHAN DAN AKSESORIS MAKET:

http://www.jualo.com/jambi/jambi/lain-lain/jual-bahan-maket-arsitektur_4?s=teemdx_hvzc7irw

Poskan Komentar

Silahkan bagi anda yang ingin berkomentar...terima kasih..

 

Home | Blogging Tips | Blogspot HTML | Make Money | Payment | PTC Review

Duniaku, Arsitekturku, Budayaku... © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu